Iklan Go-pena.id Susunan Redaksi Tentang Kami
Go-Pena Baner

Monday, 05 December, 2022

Pompa Air Tidak Berfungsi Penyebab Banjir Dibiawu

Responsive image
Pompa air di Biawu yang sudah tidak berfungsi jadi penyebab Banjir

KOTA GORONTALO (Go-Pena.id) Banjir melanda Kota Gorontalo, tepatnya di Kelurahan Biawu RT 1 RW 2 pada senin malam (3/10/22). menjelang magrib air mulai naik,  ada sekitar 20 rumah warga yang terkena banjir dan ketinggian air mencapai 50 cm dari permukaan.

Menurut warga, banjir terjadi karena pompai air tidak berfungsi dikarenakan bahan bakarnya habis.

"Sudah berapa kali banjir pompa tidak bisa karena solarnya tidak ada, sedangkan aliran sungai kecil ini harus akan dibuang di sungai besar. kalau kemarin-kemarin mesinnya berfungsi tidak akan banjir karena tidak ada hujan juga, apalagi di sebelah sana lebih parah pintu air sedotan tidak bisa sehingga dua sungai meluap, sungai aliran muara tanggikiki dan tanggi lolipu," Ujar warga

Diketahui juga tidak hanya bahan bakar yang habis tapi ada kerusakan juga di pompanya bahkan dampaknya juga bisa berpengaruh di lingkungan sebelah.

Mohammad Tolinggi, Salah satu warga ikut menceritakan penyebab kejadian banjir yang menimpa mereka.

"Di pompa itu ada yang rusak, penyedotnya ada tetapi tidak hidup karena bahan bakarnya tidak ada. Kapasitas genset yang digunakan itu 400 Kva dan tentu perlu bahan bakar yang banyak, pompa satu itu tidak bisa disalahkan karena ada satu saluran juga di sungai sana tapi ketika air disini di sedot maka daerah sebelah sana terkena dampaknya karena pembangunan disana sampai sekarang belum terealisasi. jadi ketika pompa disini difungsikan itu boleh, hanya saja mereka disebelah akan mengeluh karena disana air masuk," Kata Mohammad

Pemerintah provinsi melakukan kontrol tiap tiga bulan, tetapi sekarang pemerintah provinsi alihkan ke kabupaten/kota.

"Harapan warga, pompa air harus segera di optimalisasi, perlu ada 1 pompa lagi untuk pembuangan di lingkungan sebelah, agar kejadian banjir seperti ini tidak lagi terjadi," Kata Warga. (IP-03/IFAH)


Share