Go-Pena Baner

Tuesday, 25 June, 2024

Jadi Daya Tarik Wisatawan Mahasiswa KKN T Desa Ilohuuwa Buat Spot Foto

Responsive image
Foto bersama mahasiswa dan masyarakat Desa Ilohuuwa

Desain dan Pembuatan Spot Foto di Kawasan Desa Ilohuuwa  Kecamatan Bone Sebagai Daya Tarik Wisata dan Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat
Desa Ilohuuwa berada di daerah pegunungan dengan akses jalannya lumayan jauh dari desa lain dan belum semua jalan diaspal. Desa Ilohuuwa mempunyai objek wisata Air Terjun Hulia sehingga mempunyai peluang untuk pengembangan objek wisata. Kegiatan inti mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Gorontalo adalah Desain dan Pembuatan Spot Foto di Kawasan Desa Ilohuuwa dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terdiri dari Dr. Trifandi Lasalewo, ST., MT (Jur. Teknik Indistri), Dr. Hariana, S.Pd., M.Ds (Jur. Seni Rupa dan Desain), dan Meilinda Lestari Modjo, S.ST.Par., MM.Par (Jur. Pariwisata). Jumlah mahasiswa KKN-Tematik Membangun Desa Periode 2 Tahun 2023 adalah 16 Mahasiswa terdiri dari 4 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. 
Desa Ilohuuwa mempunyai potensi wisata yang sangat indah akan tetapi dalam meningkatkan daya tarik pengunjung masih kurang sehingga para wisatawan kurang berekplorasi tempat wisata. Maka dari itu Mahasiswa KKN-T dan DPL memberikan motivasi dan pelatihan kepada masyarakat dalam pembuatan Spot Foto di kawasan sungai Ilohuuwa.  
"Pelatihan ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 13 Agustus 2023, bertempat di Aula Kantor Desa Ilohuuwa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Kegiatan pelatihan dihadiri oleh aparat desa dan warga setempat, " ujar DPL. 

Pelatihan ini juga dilakukan dengan adanyan permasalahan yang dialami oleh masyarakat Desa Ilohuuwa karena kurangnya pengunjung wisatawan ke tempat wisata yang ada di Desa Ilohuuwa. Upaya yang dilakukan mahasiswa KKN-Tematik ini adalah pembuatan Spot Foto di tanggul desa Ilohuuwa sebagai jalan menuju ke Air Terjun Hulia. Tujuan pembuatan Spot Foto agar dapat menarik para wisatawan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pada tahapan ini mahasiswa melakukan koordinasi dan komunikasi dengan aparat setempat dan masyarakat terutama rema muda. Persiapan bahan baku dilakukan mahasiswa dengan rema muda Desa Ilohuuwa. Proses pembuatan Spot Foto dikerjakan selama 4 hari dengan bantuan dari karang taruna dan masyarakat setempat. "Harapannya setelah adanya Spot Foto di tepi sungai Ilohuuwa dapat meningkatkan daya tarik para wisatawan sehingga ikut meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, " pungkasnya. (*) 


Share