Iklan Go-pena.id Susunan Redaksi Tentang Kami
Go-Pena Baner

Friday, 07 October, 2022
Perkembangan Virus Corona
Di Indonesia

Positif
Orang

Meninggal
Orang

Sembuh
Orang
IKLAN

Wawali Ryan Kono Ingatkan Kembali Batas Akhir Pemutakhiran Dapodik

Responsive image
Wakil walikota Ryan Kono membuka Bimtek Dapodik

PEMKOT (Go-Pena.id) - Wakil Walikota Gorontalo, Ryan Kono sampaikan manfaat Data Pokok Pendidikan (Dapodik) pada saat penutupan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Dapodik dengan tema "integritas pengelolaan dapodik, sebagai sistem pengamanan data pendidikan Kota Gorontalo“, di Gedung Bandayo Lo Yiladiya, Rabu (03/08/2022).

Ada empat manfaat penerapan dapodik yang disampaikan oleh Ryan Kono, diantaranya, pertama adalah bagi PTK dan Guru Honorer dapat memberikan kesempatan untuk memperoleh tunjangan, serta memberi tempat untuk memperoleh NUPTK yang terverifikasi dan valid, sebagai sarana fasilitas monitoring dan evaluasi kebijakan pemerintah.

Kedua, menurutnya bagi siswa sendiri, Dapodik dapat menjadi wadah untuk memperoleh NISN, mempermudah perolehan BOS, PIP, dan bantuan siswa lainnya. Kemudian yang ketiga, yaitu sebagai wadah bagi pihak sekolah untuk pengajuan kebutuhan sarana dan prasarana, kemudahan penjaminan mutu, kemudahan perubahan kelembagaan serta tempat beroleh NPSN yang terverifikasi dan valid.

"Yang ke empat yakni, bagi pemerintah, dapodik dapat membantu proses pemetaan dan pemerataan guru, proses akusis informasi pendidikan secara efektif dan efisien serta membantu mencegah kecurangan sekolah dalam mengajukan pendanaan," Ungkap Ryan.

Kata Wakil Walikota, sesuai amanat Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 bahwa satuan pendidikan mempunyai tugas untuk pemutahiran data secara berkala.

"Olehnya, proses pengumpulan dan pembaharuan data pokok pendidikan pada jenjang TK, SD dan SMP wajib dilaksanakan dan salah satu tools untuk pengumpulan data yang dimaksud melalui aplikasi Dapodik," Tuturnya.

Ryan Kono Menjelaskan, pembaruan Dapodik versi 2023 dilaksanakan sebagai upaya untuk menyelaraskan prosedur dan mekanisme berdasarkan Permendikbudristek Nomor 2 Tahun 2022, tentang petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, dana bantuan operasinal sekolah, dan bantuan dana operasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan.

Terakhir, Ryan mengingatkan kembali kepada semua satuan pendidikan yang ada di Kota Gorontalo, untuk segera mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik, yang sesuai dengan kondisi riil sekolah, paling lambat 31 Agustus 2022, yang sesuai tertuang dalam surat edaran nomor 6699/C/HK.04.01/2022.

Ia juga berharap agar kepala sekolah dan operator, dapat memetik manfaat, bertambah luas wawasan, membuka cakrawala berpikir, memperbaiki etos kerja, dan meningkatkan profesionalisme peserta dan segera menerapkan juga melaksanakan ilmu yang diperoleh, dengan memperbaiki sikap mental, perilaku, dan prestasi kerja. (IP-03/JOHAN)


Share