Go-Pena Baner

Tuesday, 25 June, 2024

Ketua PB PGRI Dorong Kader PGRI Berkiprah di Kancah Nasional

Responsive image
Foto bersama PGRI Provinsi Gorontalo

GORONTALO - (Go-Pena.id) - Pelaksanaan Konfrensi Kerja PGRI Provinsi Gorontalo, berlangsung di Ballroom Hotel Damhil, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). 
Ada yang menarik dari sambutan yang disampaikan oleh ketua umum PB PGRI, Dr. Unifa Rosyidi, yang meminta kepada para kader PB PGRI Provinsi Gorontalo untuk bisa berkiprah lebih jauh di kancah nasional. 
"Saya mendorong agar ada kader-kader PGRI lebih berkiprah lagi, pak ketua (Eduart Wolok,red) dengan berbagai pemikirannya, tentunya sangat layak untuk menjadi Dirjen atau Mentri, mari kita doakan," kata Unifah, yang disambut dengan tepuk tangan.   
Kegiatan ini mengangkat tema guru bangkit pulihkan pendidikan, Indonesia maju, Indonesia kuat. Dihadapan pengurus PGRI kabupaten / kota se Gorontalo, Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T., selaku ketua PGRI Provinsi Gorontalo, mengingatkan bahwa saat ini fungsi dan peran guru sudah bergeser.

“Secara substansial fungsi dan tugas guru sudah bergeser. Guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, namun saat ini guru juga dituntut menjadi seorang fasilitator yang dapat mendorong serta menciptakan kondisi dalam mengoptimalkan potensi anak didik bisa tercapai,” ungkap Rektor.

Begitu pesatnya perubahan di luar dunia pendidikan, yang melebihi penyesuaian dunia pendidikan di Indonesia saat membuat peran tersebut harus bisa dilakukan seorang guru. Perkembangan teknologi saat dengan hadirnya artificial intelegent akan menjadi permasalahan jika guru menyikapinya dengan sistem lama, sehingga sistem penilaian serta asesment juga harus diperbaharui mengikuti perkembangan zaman.

“Guru tidak mungkin menyalahkan penggunaan teknologi oleh anak didik sebagai alat bantu pendidikan, namun jika dilepas begitu saja tanpa pendampingan maka menjadi masalah. Olehnya inovasi, moderenisasi dan digitalisasi organisasi menjadi program yang harus dilaksanakan untuk PGRI Prov. Gorontalo,” pungkasnya. (wawan/*)


Share