Go-Pena Baner

Sunday, 21 July, 2024

PSU Dapil 6 Gorontalo Libatkan PPK dan PPS yang Bertugas Pada Pilkada 2024

Responsive image
Sosialisasi PSU Oleh KPU Provinsi Gorontalo

BONE BOLANGO - Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPRD Provinsi Gorontalo di Dapil 6 Gorontalo (Boalemo-Pohuwato) yang akan digelar pada 13 Juli nanti, bakal melibatkan PPK dan PPS yang bertugas pada Pilkada 2024 nanti.

Hal ini sebagaimana disampaikan Plh Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Hendrik Imran, pada sosialisasi tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2024, dirangkaikan dengan sosialisasi pemungutan suara ulang (PSU) Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, daerah pemilihan Gorontalo 6 pasca putusan Mahkamah Konstitusi.

Bertempat di Kantor Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo, Kamis (27/06/2024), kegiatan ini dihadiri oleh partai politik peserta Pemilu 2024 dan stakeholder di Provinsi Gorontalo.

Hendrik mengatakan bahwa ketentuan ini berdasarkan isi surat Ketua KPU nomor 961/PY.01.1-SD/05/2024. "Badan Adhoc khususnya untuk PPK dan PPS berdasarkan surat yang menjadi panduan kami ini, PPK-PPS menggunakan PPK-PPS untuk Pilkada," ungkap Hendrik. 

Para petugas PPK dan PPS di Dapil 6 Gorontalo ini kata Hendrik, mendapatkan SK baru dan dilantik kembali. 

"Kami sudah melantik dan mengambil sumpah teman-teman PPK-PPS di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato. Dimana mereka adalah PPK-PPS Pilkada, tetapi berdasarkan surat ini mereka diberikan tugas tambahan untuk menjadi penyelenggara PSU," tambahnya.

Sementara untuk KPPS, KPU diberikan keleluasaan untuk menggunakan KPPS pada Pemilu 2024 kemarin atau melakukan perekrutan ulang.

"Untuk KPPS, kami juga nanti akan membuka kembali pendaftarannya. Kami akan memprioritaskan KPPS yang bertugas pada Pemilu 14 Februari kemarin, tetapi jika ada KPPS yang tidak bersedia maka itu bisa dilakukan pergantian KPPS," jelas Hendrik.

Petugas PPK dan PPS ini akan melaksanakan tugasnya selama kurun waktu dua bulan, sementara KPPS akan bertugas selama satu bulan.

Secara berjenjang, KPU kata Hendrik akan menggelar Bimtek untuk persiapan jelang penyelenggaraan PSU di Dapil 6 Gorontalo.

"Mulai besok kami akan memberikan Bimtek kepada teman-teman KPU Boalemo dan Pohuwato. Selanjutnya mereka akan memberikan Bimtek pada masing-masing PPK, selanjutnya PPK akan membimtek PPS, dan PPS ke KPPS. Dalam rentan waktu sampai 3 Juli kami akan melakukan Bimtek secara berjenjang ke bawah," pungkasnya. (ayi)


Share