Go-Pena Baner

Wednesday, 29 May, 2024

Permantap Program Bahasa Arab Pesantren Al Islam Kerjasama dengan Universitas Al-asmariyyah Al-islamiyyah Libya

Responsive image
Foto bersama usai penandatanganan kerjasama

GORONTALO (Go-Pena.id) - Pesantren Al Islam Gorontalo, pimpinan dari Haji Ramli Anwar melaksanakan kerjasama dengan Universitas Al-asmariyyah Al-islamiyyah Libya. 
Rihlah Al Jazirriyah ini dilaksanakan dari hari senin-kamis pekan ini, adapun tempat pelaksanaan di dua tempat, hari pertama dilaksanakan di shava beach dan hari setelahnya dan penutup kegiatan akan di laksanakan di pondok pesantren Al-islam.
Pada hari selasa pagi syekh menyempatkan diri untuk mampir sejenak, menikmati indahnya pantai Gorontalo dan juga berkunjung di wisata paus. 
Kegiatan yang dilaksanakan hari Senin yaitu penandatanganan kerjasama antara syekh perwakilan dari Universitas Al-asmariyyah Al-islamiyyah di Libya dengan Pondok Pesantren Al-islam yang dihadiri oleh ketua yayasan Al-Anwar Al-islam (H. Ramli Anwar S.E), pimpinan pondok pesantren Al-islam (Al-Ustadz Mohammad Harmin, S.Pd.I) beserta jajarannya, Dr. Hicham Derbal Al-Jazairy, owner Shava beach H. Rusli Anwar Achmad bersama keluarga serta karyawan. 
H. Ramli Anwar mengawali sambutannya dengan mengucapkan kalimat syukur kehadirat Allah SWT dan kemudian  bershalawat kepada nabi Muhammad SAW.  "Saya berterimakasih kepada Syekh yang telah hadir dan pula pada para asatidzah pengurus pondok pesantren Al-islam yang telah mempersiapkan dan mengsukseskan kegiatan, " ujarnya. 
Kerja sama ini merupakan salah satu impian dari Al marhum H. Anwar Achmad selaku pendiri pondok Pesantren Al-islam, yang mana kedepannya para santri lulusan Al islam dapat melanjutkan dan menambah ilmu di timur tengah.  Dan juga beliau berjanji akan membantu memudahkan urusan kelanjutan pendidikan para santri yang terpilih menjadi utusan pondok pesantren Al-islam ke timur Tengah khususnya di Universitas Islam Al asmariyah di Libya.
"Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa ikut hadir dilibatkan dalam momen tersebut, karena pada momen makan malam bersama kita bisa mendengarkan tausyiah dari syekh Dr. Hicham Derbal Al-Jazairy untuk para tamu yang datang dan karyawan, " ujar salah satu tamu undangan. 
Kegiatan ini tidak hanya untuk penandatanganan kerja sama melainkan memiliki tujuan utama yaitu penguatan program bahasa Arab dalam lingkungan pondok pesantren, olehnya didalamnya akan dilaksanakan seminar internasional dengan tema keutamaan bahasa Arab serta beberapa seminar dan pelatihan untuk jajaran pengajar pondok pesantren khususnya guru bahasa Arab." Dan juga salah satu yang akan dicapai dari kegiatan ini untuk pemberian beasiswa kepada santri-santri berprestasi untuk melanjutkan studi ke Universitas Al Islamiyah Al Asmariyah di Libya, " tambah Haji Ramli. 
Kemudian langkah yang akan diambil pihak pondok yaitu segera mempersiapkan para santri untuk mengikuti seleksi beasiswa dan juga tidak hanya bercukup diri dengan satu universitas di Libya melainkan kerja sama beasiswa dengan universitas-universitas di Timur Tengah.(*) 


Share