Go-Pena Baner

Sunday, 21 July, 2024

Elnino Arahkan 20.000 Siswa Kabgor untuk Terima Beasiswa PIP

Responsive image
Anggota DPR RI Elnino Mohi saat memberikan beasiswa beberapa waktu lalu.

GORONTALO--Tampaknya warga di Kabupaten Gorontalo akan sumringah karena di daerah tersebut, anggota DPR RI, Elnino Mohi, mengusulkan penambahan 20 ribu orang siswa untuk mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) lewat Jalur Aspirasi Elnino Mohi sebagai anggota Komisi X DPR RI Bidang Pendidikan. 

"Jelas ya, bang Elnino mengusulkan 20 ribu siswa di Kabgor untuk dapatkan beasiswa PIP," ungkap Aserval Hinta, salah satu staf ahli Elnino khusus soal pendidikan. 

Menurut Aserval yang lebih dikenal dengan nama Ipal itu, beasiswa PIP itu berupa bantuan sebesar Rp. 225 ribu sd. Rp. 450 ribu untuk satu orang anak SD, Rp 325 ribu sd. Rp. 750 ribu untuk satu siswa SMP dan antara Rp. 900 ribu sd. Rp. 1,8 juta per siswa SMA/K. 

"Itu sudah termasuk SLB dan semua yang kata awalnya adalah Sekolah yang di bawah Kemendikbud, bukan Madrasah yang di bawah Kementrian Agama," paparnya.

Lanjut Ipal, beasiswa Jalur Aspirasi Elnino itu diarahkan kepada para siswa yang yatim-piatu, yatim, piatu, kalangan dhuafa atau siswa yang keluarganya berasal dari kalangan sangat miskin. 

"Kalau tidak termasuk dalam pendataan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), maka otomatis tak dapat beasiswa," jelas Ipal.

Kata Ipal, pengusulan Jalur Aspirasi Elnino itu sudah ditutup minggu yang lalu, kecuali untuk pengusulan beberapa orang lagi. 

"Kami sudah berulang kali mengumumkan, alhamdulillah sudah penuh, kecuali beberapa orang lagi yang datanya belum masuk di pengusulan," papar Ipal.

Setelah proses pengusulan kepada Kemendikbud RI, maka orang tuanya tinggal menunggu proses pencairan dan itu waktunya lama.

"Oleh karena itu, kami hanya mengutamakan ortu siswa yang sabar karena proses sampai tahap pencairan itu memakan waktu berbulan-bulan lamanya. Kalau ortunya cerewet dan tidak sabar, terpaksa kita coret saja nama anaknya. Saya dkk ini kan manusia juga," ungkap Ipal sambil tersenyum.(*) 


Share