Go-Pena Baner

Tuesday, 25 June, 2024

Stretegi Peningkatan PAD Jadi Disertasi, PJ Bupati Bolmut Raih Gelar Doktor di UNG

Responsive image
Foto bersama rektor UNG, Prof.Dr Eduart Wolok dan Dewan Penguji bersama Pj. Bupati Bolmut

GORONTLO - Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) merupakan daerah yang memiliki sejumlah pontesi yang dapat dijadikan sebagai pendapatan daerah. Untuk meningatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), Penjabat Bupati Kabupaten Bolmut yang merupakan mahasiswa program doktor administrasi publik melakukan penelitian disertasi dengan judul strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD di Kabupaten Bolmut.

Disertasi tersebut dipaparkan Sirajudin Lasena dihadapan pimpinan sidang, promotor, penguji dan pembimbing, pada ujian terbuka disertasi promosi doktor bidang administrasi publik. Atas keberhasilan mengikuti ujian disertasi tersebut Sirajudin diberikan gelar doktor, dengan perolehan indeks yudisium 3.88 predikat sangat memuaskan.

Menurut Sirajudin saat ini pemerintah daerah Kabupaten Bolmut sangat tergantung dengan adanya dana dari pemerintah pusat, sehingga penelitian disertasi yang dilakukan sangat penting untuk mencari cara bagaimana pemerintah daerah menemukan strategi yang tepat sebagai upaya optimalisasi PAD tersebut.

“Sehingga dalam novelty penelitian ditetapkan stategi akselarasi PAD meliputi investasi, aspek kelembagaan, aspek ketatalaksanaan, aspek personalia serta aspek inovasi,” jelasnya.

Hasil disertasi tersebut kata Sirajudin akan berupaya untuk diimplementasikan dengan cara menyiapkan regulasi. Regulasi yang dimaksud meliputi peraturan daerah maupun peraturan kepala daerah dan peraturan teknis yang ada pada organisasi perangkat daerah, untuk bagaimana cara memungut atau mengenakan pajak retribusi daerah. Ujian Terbuka Promosi Doktor ini dipimpin langsung oleh rektor UNG, Prof. Dr. Eduart Wolok, (*)


Share