Go-Pena Baner
IKLAN
IKLAN

Saturday, 24 February, 2024

SMPIT Lukmanul Hakim Bentuk Kordinator Kelas Orang Tua Siswa

Responsive image
PEMBENTUKKAN koordinator kelas SMPIT Lukmanul Hakim

SEJAK tahun 1935 Ki Hajar Dewantara mencetuskan bahwa keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat merupakan tri sentra pendidikan. Kemitraan yang baik di antara ketiganya diharapkan dapat mendukung terciptanya ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter dan budaya prestasi. Dalam kemitraan itu, pelaku pendidikan di satuan pendidikan dan orang tua di rumah mempunyai peran sangat menentukan. Untuk menguatkan kemitraan ini, Iskandar Matiti, S.Pd., M.Pd selaku Kepala SMPIT Lukmanul Hakim mengadakan Pertemuan dengan Orang Tua Siswa dalam rangka membentuk Kordinator Kelas Orang Tua Siswa. Tujuan pertemuan adalah untuk menyepakati dan memilih pengurus Inti Kordinator Kelas dari 3 kelas yang ada di SMPIT Lukmanul Hakim.

Pembentukan Kordinator Kelas ini sebagai implementasi dari Permendikbud RI Nomor 11 Tahun 2015 tentang Kemitraan Sekolah. Dijelaskan oleh Kepala Sekolah bahwa pertimbangan dibentuknya Kordinator Kelas karena sekolah tidak dapat sendirian mendidik siswa karena sesuai Trilogi Pendidikan, pendidikan melibatkan pihak keluarga, sekolah dan masyarakat. Sedangkan pendidikan yang utama dan pertama sebenarnya menjadi tanggung jawab keluarga atau orang tua. Oleh karena itu, untuk mendidik siswa harus ada kemitraan atau kolaborasi antara sekolah dengan orang tua/wali siswa.

Adapun hasil musyawarah orang tua di kelas VII Firdaus yang difasilitasi oleh Ustadzah Asnawaty Hamzah, Bapak Yahya Djafar disepakati oleh orang tua siswa sebagai Ketua, Bapak Budianto Hasan selaku Wakil Ketua, Ibu Marlina Duhe selaku Sekretaris dan Ibu Serli Deoli selaku Bendahara. Untuk kelas VIII Ar-Rayyan yang difasilitasi oleh Ustadzah Puspa Mauke, Bapak Hartono Panggi disepakati oleh orang tua Siswa sebagai Ketua dan Bapak Safrudin Hanasi sebagai Sekretaris. Untuk kelas 9 Al-Ma’wa yang difasilitasi oleh Ustadzah Siti Maria Tomu, seluruh orang tua menyepakati Dr. Nurhijjah Pakaya selaku Ketua dan Drs. Maskun selaku Sekretaris.

Untuk rencana tindak lanjut dari masing-masing kordinator kelas akan melakukan pertemuan untuk membahas dan menyepakati kelengkapan pengurus, terpilihnya Kordinator Jenjang dan program kerja masing-masing Kordinator Kelas. (IP-03/Mutar)


Share