Iklan Go-pena.id Susunan Redaksi Tentang Kami
Go-Pena Baner

Saturday, 13 August, 2022

Mahasiswa KKN UNG Sukses Kembangkan Potensi di UMK di Desa Lonuo

Responsive image
Mahasiswa KKN MBKM di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango

UNG (Go-Pena.id) - Mahasiswa Kuliah kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sukses dalam program yang dijalankannya yaitu “Pengembangan Potensi Umk Desa Lonuo Berbasis Bahan Lokal (Pohon Nira) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Sirup Aren Dan Nata Pi Nata Dari Air Nira)” Program tersebut dilaksanakan selama 4 bulan di desa Lonuo. Diketahui program tersebut berfokus Pada Pembuatan Bioetanol dari Air Nira, Pembuatan Handsanitizer dari Air Nira, Pembuatan Kurma dari Kolang-Kaling, Pembuatan Nata Pi Nata dari Air Nira dan Pembuatan Sirup Aren dari Air Nira.
Dalam program KKN MBKM ini kehadiran mahasiswa selama tiga sampai enam bulan dapat mendampingi perencanaan program di desa, mulai dari kajian potensi, masalah dan tantangan pembangunan, penyusunan prioritas pembangunan, perancangan program, desain sarana prasarana, pemberdayaan masyarakat, pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), supervisi pembangunan, hingga monitoring dan evaluasi, selain itu dapat memberikan pengalaman dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai generasi andal dan mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan bidang ilmu dan minat mahasiswa dengan luaran akhir dalam bentuk karya tertulis, audio-visual, maupun bentuk karya laporan akhir.


Moh.Izwarto Piyohu Selaku Koordinasi Desa (Kordes) menjelaskan prodak yang yang dibuat merupakan salah satu komponen utama dan penting dalam sebuah usaha untuk meningkatkan ekonomi yang ada disana.
"Selain itu prodak yang kami buat dapat dijadijan sebagai prodak yang telah dipasarkan, sehingga memunculkan berbagai ide, inovasi, dan kreasi untuk kedepannya," ujarnya. 
Sementara itu, Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd., M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan dalam sambutannya mengatakan agar mahasiswa betul – betul bisa menjalankan program kerjanya dengan baik dan dapat memberi hal positif kepada masyarakat di Desa Lonuo.
Kepala Desa Lonuo Sahrun Yasin SE.I dalam sambutannya mengatakan seluruh program kerja yang dilaksanakan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Desa Lonuo ini, dan jangan lupa pula untuk menjalin silaturahmi dan bersosialisasi dengan warga,” harapnya
“Bisa dilihat juga antusiasme dari masyarakat Desa Lonuo yang berpartisipasi dalam program ini sangat tinggi” ujarnya. (IP-02)


Share