Go-Pena Baner

Tuesday, 23 April, 2024

Idah Syahidah RH Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Sumalata Timur

Responsive image
Idah Syahidah RH saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ke IV, Selasa (23/01/2024).

GORONTALO UTARA - Anggota DPR RI Komisi VIII, Idah Syahidah RH, kembali menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ke IV, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Bertempat di Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (23/01/2024).

Dalam kesempatan itu, Idah Syahidah memaparkan materi tentang penguatan sistem demokrasi Indonesia. "Demokrasi mulai diperkenalkan pada masa reformasi di Indonesia setelah era pemerintahan otoriter. Dimana pemilihan umum diadakan secara teratur sebagai wujud nyata pelaksanaan demokrasi di Indonesia," kata Idah.

Kemudian lanjut Idah Syahidah, berbagai undang-undang terkait demokrasi pun diberlakukan untuk menjaga jalannya sistem demokrasi itu sendiri.

Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan tentang kelebihan paradigma demokrasi, serta tantangan-tantangan demokrasi di Indonesia.

"Untuk itu perlu dilakukan upaya penguatan demokrasi melalui pendidikan politik, penguatan institusi, dan pemberdayaan masyarakat. Peran masyarakat dalam demokrasi pun sangatlah penting, seperti pengawasan publik, keterlibatan dalam pemilu, hingga berpartisipasi dalam kebijakan publik," pungkasnya. (ayi)


Share