Go-Pena Baner

Sunday, 21 July, 2024

Pra Popnas 2026, Gorontalo Pindah Zona

Responsive image
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BAPOPSI tahun 2024

GORONTALO (GoPena.id) - Provinsi Gorontalo dipastikan akan berada di zone berbeda pada Pra POPNAS 2026 mendatang. Ya, pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BAPOPSI tahun 2024 disepakati Gorontalo akan tergabung di Grup III atau keluar dari Grup V yang selama ini dihuni.

Informasi akan perubahan zona Pra POPNAS ini dibenarkan Sekertaris BAPOPSI Gorontalo, Zain Mooduto. Kata Zain, selain Provinsi Gorontalo yang berasal dari grup V, ada juga Maluku Utara yang tergabung di zona 3 bersama Provinsi DIY, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, dan Kalimantar Utara.

"Jadi hasil Rakernas BAPOPSI kemarin disepakati perubahan zona Pra POPNAS dimana Gorontalo berada di grup III bersama Maluku Utara, DIY, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, dan Kalimantar Utara. Dan Pra POPNAS tahun 2026 rencananya di Maluku Utara untuk zona tiga," kata Zain Mooduto, Senin (10/6/2024).

Perubahan zona ini jelas Zain tidak lepas dari bertambahnya jumlah Provinsi yang ada di tanah air khususnya lahirnya Provinsi baru di Papua yang membuat PP BAPOPSI menata kembali komposisi zona dan jumlah Provinsi yang akan mengikuti Pra POPNAS mulai tahun 2026 mendatang.

Sementara untuk cabang olahraga yang dipertandingkan dan dilombakan pada Pra POPNAS 2026 mendatang terdapat delapan cabang olahraga. Bola basket, bola voli, Bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis dan tinju.

"Pra POPNAS tahun 2026 nanti ada delapan cabor yang dilombakan, mulai dari basket putra putri, voli putra putri, bulutangkis beregu putra putri, silat tanding dan seni putra putri, sepakbola putra, takraw putra putri, tenis beregu putra putri dan tinju putra putri," jelasnya.

Terakhir informasi untuk POPNAS 2025 nanti pertama akan diselenggarakan di dua daerah yakni Aceh - Sumatera Utara dengan memperlombakan 21 cabang olahraga. 10 cabang olahraga dipertandingkan di Aceh dan 11 cabang olahraga di Sumatera Utara. (*)


Share